Jumat, 07 Juli 2023

Khutbah Jum'at: Beragama Yang Benar



أَلْحَمْدُ لِلَّهِ الْمَلِكِ الْحَقُّ الْمُبِيْنَ الَّذِى حَبَنَا بِاْلإِيْمَانِ وَاْليَقِيْنِ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ الله ُوَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَلَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ خَاتَمِ الْأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ اَمَّا بَعْدُ: فَيَاعِبَادَ الله أُوصِيْكُمْ وَنَفْسِى بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ.وَقَالَ تَعَالَى: مَآ اَصَابَكَ مِنْ حَسَنَةٍ فَمِنَ اللّٰهِ ۖ وَمَآ اَصَابَكَ مِنْ سَيِّئَةٍ فَمِنْ نَّفْسِكَ ۗ وَاَرْسَلْنٰكَ لِلنَّاسِ رَسُوْلًا ۗ وَكَفٰى بِاللّٰهِ شَهِيْدًا

Sebagai hamba Allah kembali kita memanjatkan rasa puji syukur kepada Allah Swt yang telah memberikan berbagai kenikmatan hidup. Hari ini kita dalam kondisi sehat wal Afiat, diberikan rezeki, kesempatan. Tentu nikmat Iman dan Islam adalah yang terbesar yang diberikan Allah Swt. Semoga Kehadiran kita melakukannya shalat Jum'at saat ini adalah bagian dari tanda syukur kepada Allah Swt.

Selanjutnya shalawat dan salam kita sampaikan kepada Nabi Muhammad Saw sebagai Uswatun Hasanah contoh yang sebaik-baiknya dalam menjalani kehidupan yang teramat singkat ini.

Kami mengajak kita semua untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan sehingga ketika kembali kepada Allah dalam keadaan husnul khatimah. 

Mari kita renungkan firman Allah Swt dalam Al-Qur'an surat al-Maidah: 77

 
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ لَا تَغْلُوْا فِيْ دِيْنِكُمْ غَيْرَ الْحَقِّ وَلَا تَتَّبِعُوْٓا اَهْوَاۤءَ قَوْمٍ قَدْ ضَلُّوْا مِنْ قَبْلُ وَاَضَلُّوْا كَثِيْرًا وَّضَلُّوْا عَنْ سَوَاۤءِ السَّبِيْلِ 

Katakanlah (Nabi Muhammad), “Wahai Ahlulkitab, janganlah kamu berlebih-lebihan dalam (urusan) agamamu tanpa hak. Janganlah kamu mengikuti hawa nafsu kaum yang benar-benar tersesat sebelum kamu dan telah menyesatkan banyak (manusia) serta mereka sendiri pun tersesat dari jalan yang lurus.” 
( QS. Al-Maidah: 77 )

Ayat di atas menyampaikan sikap kita terkait bagaimana kita beragama.
Ada tiga pesan yang disampaikan Allah Swt dalam QS. Al-Maidah: 77

Pertama, larangan untuk tidak berlebih-lebihan atau melampaui batas dalam beragama.

Di sebagian masyarakat Islam ada praktik ibadah yang berlebih-lebihan dalam menjalani badah.  Ada yang fokus  melaksanakan ibadah tetapi melupakan kewajiban kepada keluarga . Padahal dalam Islam setiap ibadah memiliki cara dan aturannya. 

Pesan kedua, Larangan mengikuti hawa nafsu dalam beragama.

Hawa nafsu cenderung membawa manusia dalam kesesatan.  Banyak manusia beragama mengikuti hawa nafsunya. Menafsirkan agama seenaknya saja. Inilah salah satu faktor munculnya berbagai aliran sesat. Ummat banyak yang sekedar ikut-ikutan dalam beragama.

Pesan Ketiga, Allah Swt mengingatkan kepada manusia adanya orang atau sekelompok orang  / lembaga yang mengajak kedalam kesesatan.

Saat ini sangat banyak aliran sesat yang muncul. Yang lagi viral saat ini adalah Panji Gumilang dengan pondok pesantren Al-Zaitun. Kesesatan nya mulai mengganti salam dengan salam Yahudi, Tanah suci ada di Indonesia bukan di Arab, Al-Qur'an sebagian adalah pernyataan Nabi, Allah berbahasa Arab, membolehkan khatib dan imam perempuan dan sebagainya.
Padepokan Sendang Sejagat di Langkat yang shalat dengan imamnya perempuan, Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf Indonesia yang memiliki paham Allah dan Nabi Muhammad bersatu, belum.lahi Lembaga Dakwah Islam Indonesia ( LDDI ) dan sebagainya.

Untuk itulah kita harus membetengi diri kita, keluarga dan jamaah dari upaya penyimpangan ajaran sesat meeka


بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ, وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ, وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ.

Khutbah Kedua


اَلْحَمْدُلِلَّهِ الَّذِيْ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ, وَ نَعُوْذُبِاللهِ مِنْ شُرُوْرِأَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّأَتِ أَعْمَا لِنَا, مَنْ يَهْدِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنَّ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهِ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ, وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْ لُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَا بِهِ وَمَنْ وَالَهُ. أَمّاَ بَعْدُ فَيَا عِبَا دَاللهِ أُوْصِيْنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ حَقَّ تَقْوَاهُ, لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ.

Mari kita renungkan firman Allah Swt dalam Al-Qur'an surat Muhammad: 33 

۞ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ وَلَا تُبْطِلُوْٓا اَعْمَالَكُمْ
Wahai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul serta jangan batalkan amal-amalmu!

Ayat di atas menyampaikan sikap beragama yang benar yaitu taat kepada aturan Allah Swt dan aturan Nabi Muhammad Saw. Untuk itulah sebagai seorang kita harus tahu betul yang mana aturan-aturan Allah Swt dan yang mana aturan-aturan Nabi Muhammad Saw. Tidak ada cara untuk memahami nya kecuali dengan belajar tentang Islam.khutbah Ramaikan pengajian-pengajian, pahami hukum-hukum Islam dengan Al-Quran dan Sunnah nya sehingga kita tidak tersesat dalam beragama.

Diakhir khutbah ini Marilah kita hadirkan hati sejenak untuk berdo`a kepada Allah Swt.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ. وَالصَّلاَ ةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَلإِ خْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِاْلإِيْمَانِ, وَلاَ تَجْعَلْ فِيْ قُلُوْ بِنَا غِلاًّ لِلَّذِيْنَ اَمَنُوْا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوْفُ الَّرَحِيْمٌ.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ, وَالْمُؤْمِنَاتِ, اَلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ, إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعْوَاتِ, ياَ قاَضِيَ الْحَاجَاتِ.

اَللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقاً وَارْزُقْنَا اِتِّبَاعَهُ, وَأَرِنَا الْبَا طِلاً وَارْزُ قْنَا اجْتِنَابَهُ.

اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعَا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاَ مُتَقَبَّلاً.

رَبَّنَا اَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. وَالْحَمْدُ الِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ





0 comments:

Posting Komentar