Minggu, 22 Mei 2011

Muhammadiyah Kab.Karo Canangkan Program Pembinaan Ummat di Sekitar Gunung Sinabung



Kordinator Bidang Majelis Tabligh PD Muhamamdiyah Kab.Karo Jamaluddin Nasution,S.Pd.I dalam salah satu program yang akan dilaksanakan adalah meluncurkan program pembinaan ummat di beberapa desa di sekitar gunung sinabung. Adapun lokasi pembinaan yang dilakukan sekitar 10 desa. Antara lain: Desa Guru Kinayan, Suka Meriah, Simacem dan Bakerah ( Kecamatan Payung ), Desa Sukanalu Tran, Sigarang-Garang, Kuta Rakyat, Naman,Gung Pinto dan Kutambelin ( Kecamatan Naman ). Pemilihan lokasi pembinaan ini berkaitan dengan hasil pendampingan korban Musibah Gunung Sinabung beberapa waktu yang lalu yang dilakukan oleh Posko Muhamamdiyah dibeberapa lokasi pengungsian yang menunjukkan desa-desa tersebut di atas adalah desa-desa yang belum dan mengharapkan pembinaan dakwah khususnya bagi ummat Islam. Menindaklanjuti hal tersebut sekaligus program bidang dakwah, PD Muhamamdiyah Kab.Karo masa bakti 2010-2015 menjadikan program ini sebagai program unggulan yang akan dilaksanakan selama satu tahun.



Bagi Muhamamdiyah Kab.Karo, program ini selain sebagai suatu kewajiban Muhammadiyah sebagai organisasi dakwah, juga sekaligus merajut kembali silaturrahmi Muhamamdiyah dengan beberapa desa yang pada masa lalu Muhammadiyah sudah memberikan pembinaan dakwah. Dalam rangka m,enyukseskan program ini, Majelis Tabligh yang sekaligus dipimpin oleh Bapak Jamaluddin Nasution,S.Pd.I akan melibatkan ortom khusus Aisyiyah dan juga Angkatan Muda Muhammadiyah. Untuk menyukseskan program ini, Majelis Tabligh PDM Karo membagi sebanyak 4 (empat) tim yang diberi nama dengan tokoh-tokoh Muhamamdiyah yaitu; KH Ahmad Dahlan, AR. Sutan Mansur, Kibagus Hadikusumo dan Buya Hamka.



Adapun target yang diharapkan dengan program inilah adalah terlaksananya program dakwah yang secara berkesinambungan. Target lain yang akan dicapai adalah pembentukan Taman Bacaan Al-Quran di desa-desa yang akan dibina. Khusus masalah Taman Bacaan Al-Quran, Majelis Tabligh akan memperdayakan tenaga pengajar yang berasal dari desa tersebut dan Muhammadiyah akan memberikan bantuan honor sebagai perangsang untuk berjalannya kegiatan Baca Al-Quran.



Mengingat program ini amat penting dan dengan keterbatasan SDM yang dimiliki oleh PD Muhammadiyah Kab.Karo, maka dalam waktu dekat Majelis Tabligh PD Muhammadiyah Kab.Karo akan menjalin kerjasama dengan beberapa PD Muhammadiyah se-Sumatera Utara dan ortom Angkatan Muda Muhamamdiyah seperti Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah dan Remaja Muhamamdiyah Sumatera Utara. Di samping itu juga akan dijalin dengan Fakultas Dakwah/Agama Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.



Insya Allah program ini akan tercapai dan kembali membangkitakan semangat untuk memberikan pencerahan dakwah di Kabupaten Karo.

http://muhammadiyah-karo.blogspot.com/

0 comments:

Posting Komentar