Selasa, 13 Juni 2023

PRM SUDIRMAN : RANTING PERTAMA DI TANAH KARO

Pimpinan Ranting Muhammadiyah Sudirman adalah pimpinan ranting yang pertama dibentuk di Kabupaten Karo pada tahun 1975. Ranting ini berada di wilayah kelurahan Gung Leto Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo. Pembentukan ranting ini digagas oleh warga masyarakat Minang yang berdomisisli di wilayah jalan Sudirman Kabanjahe. Masyarakat Minang perantau pada tahun 1960-an banyak bertempat tinggal di seputar Jalan Sudirman. Pada waktu banyak rumah kontrakan yang ditempati beberapa keluarga karena luasnya dan banyaknya ruangan kamar . Inilah barangkali yang menjadi alasan kenapa Ranting Muhamamdiyah Sudirman bisa terbentuk.

 Berdasarkan dokumen yang kami peroleh, PR Muhammadiyah Sudirman telah berdiri sejak tahun 1975. Rencana pembentukannya berdasarkan hasil rapat anggota pada tanggal 9 Januari 1975. Pada rapat tersebut telah disusun kepengurusan Pimpinan Ranting Muhammadiyah Sudirman sebagai berikut :

Ketua                 : St. Rusli

Wakil Ketua       : Sd. Zainal Arifin

Sekretaris          : Mahyunis Harun

Wakil Sekretaris: Harmay G

Bendahara        : Sd. Buyung Adik

Keuangan          : Sofyan Can

Keuangan          : Yusril . R

Anggota             : St. Asnur

                            Sd. Dasli

 Sebelum rencana pembentukan ranting,  kegiatan pembinaan jamaah sudah dilakukan sebelumnya dengan jumlah anggota sebanyak 47 orang dengan perincian laki-laki sebanyak 27 orang dan perempuan 20 orang. Sebanyak 36 orang anggota sudah memiliki kartu Muhammadiyah. Adapun kegiatan yang dilakukan selama ini adalah pengajian rutin yang dilaksanakan seminggu sekali pada hari Jumat sore. Di samping itu mengadakan pengajian umum yang dilakukan sekakli sebulan setiap Jumat malam di awal bulan. Pembinaan ini dilakukan oleh Korp Mubaligh Muhammadiyah Kabanjahe. Diperkirakan kegiatan ini sudah berjalan sekitar 3-4 tahun sebelum pembentukan ranting Muhammadiyah.

 

Selain itu cikal bakal Pimpinan Ranting Muhammadiyah ini juga sudah menyewa rumah untuk masa dua tahun sebagi pusat kegiatan. Termasuk sebagai tempat mengaji dan belajar anak-anak yang dilakukan setiap malam kecuali malam Sabtu.  Materi pelajaran yang diberikan adalah membaca al-Quran dan pelajaran shalat.   Sudah tentu tempat ini sekaligus sebagai kantor.

 Berdasarkan imformasi di atas kita bisa melihat para pendiri ranting Muhammadiyah adalah kader-kader Muhammadiyah yang terbaik. Penuh semangat berjuang. Kalau mau jujur apa yang mereka lakukan sudah maju dibandinghkan dengan yang kita lakukan saat. Tetap semangat ber-Muhammadiyah.



Surat permohonan pengesahan ranting Sudirman

Surat Hal Penetapan Pimpinan Ranting
( Draf atau pertinggal sebelum ditandatangani)




0 comments:

Posting Komentar