Jumat, 02 Maret 2012

MUI dan Ormas Islam se-Kab.Karo Galang Forum Komunikasi Dakwah

Ada sesuatu yang sangat menggembirakan dari hasil pertemuan Silaturrahmi dan Bincang-Bincang Dakwah Islam Kabupaten Karo  kedua yang dilaksanakan pada hari Jumat, 2 Maret 2012 yang dilaksanakan di Masjid Taqwa Muhammadiyah Kabanjahe.  Jika pertemuan pertama digagas oleh PD Muhamamdiyah Kab.Karo, maka pertemuan kedua ini difasilitasi oleh Majelis Ulama Indonesia Kab.Karo. Hal yang menggembirakan dari pertemuan ini adalah dihadiri oleh para ketua seluruh pmpinan Ormas Islam. Dari MUI Kab.Karo hadir  Ketua MUI Kab.Karo Drs.H.Adnan Effendi Z , Jamaluddin Nasution ,S.Pd.I( Muhammadiyah ), Drs.Pimpin Bangun ( NU ), Sugianto,S.Pd.I ( Al-Washliyah ), Ramlan Mila ( MTA ), Din Ahmadi ( DMI ), Oby Hasyim Munthe ( Koord. Dai Ma'had Abu Ubaidah ), serta tokoh-tokoh muda Islam seperti Harison Sitepu, Makmur Jambak, ust. Abdul Gani Panjaitan, M.Rusli, Abdul Rahmat Saleh Tarigan,S.Pd.I, Syamsir Hariansyah. Disamping itu juga dihadiri oleh pemerhati dakwah Islam yaitu Bapak Drs.H.Ilyas Tarigan dari Medan.


Pada pertemuan pertama ( 19/2/2012), sudah diinventarisasi permasalahan dan harapan ke depan tentang persoalan dakwah di Kabupaten Karo, maka pertemuan kedua ini difokuskan bagaimana format yang akan disepakati oleh pimpinan ormas dan tokoh-tokoh pemerhati Islam dalam rangka membanmgun gerakan dakwah di Kab.Karo. Jika pada pertemuan pertama ada dua opsi, yaitu pertama memberdayakan ormas atau lembaga yang sudah ada, dan kedua membentuk lembaga atau forum atau apapun namanya sebagai pusat koordinasi, maka pada pertemuan kedua ini disepakati secara bulat untuk membentuk sebuah lembaga/badan/forum sebagai koordinasi komunikasi. Kesepakatan secara langsung ditanyakan oleh Pimpinan Rapat Drs.Erwin Tanjung kepada masing-masing ketua ormas Islam dan peserta yang hadir dengan beberapa catatan. Pertama,lembaga atau forum/badan yang akan dibentuk adalah perpanjangan dari koordinasi komunikasi antar MUI dan ormas Islam di Kabupaten Karo. Kedua,lembaga atau forum/badan yang dibentuk tidaklah sebuah lembaga/forum/badan yang beridir sendiri sehingga fungsi dan kerja sama seperti ormas Islam yang membentuknya. Ketiga,lembaga/badan/forum yang akan dibentuk disokong dan didopang oleh MUI dan ormas Islam se-Kab.Karo.

Menyikapi hal tersebut di atas, maka disepakati  untuk menyusun tim perumus yang terdiri dari ketua-ketua ormas dan tokoh-tokoh pemerhati Islam Karo yang bertugas untuk menyusun draf  dan format kerja dari lembada/badan yang akan dibentuk nanti. Hasilnya akan disepakati bersama oleh ormas Islam dan akan dikeluarkan  surat keputusan bersama dari MUI dan seluruh ormas Islam se-Kab.Karo dengan harapan akan memperoleh legitimidasi dari ormas Islam. Insya allah pertemuan ketiga akan dilaksanakan pada hari Kamis,8 Maret 2012 dan diamanahkan kepada Majelis Tafsir Al-Quran untuk memfasilitasi pertemuan yang akan datang.

Harapan kita semua . semoga pertemuan yang ketiga dapat menelorkan sebuah lembaga /badan yang dapat menjadi komunikasi antar ormas Islam dan tokoh Islam se-Kab.Karo. Pertemuan kedua ini telah disepakati  nama lembaga yang dibentuk diberi nama " Forum Komunikasi Dakwah Islam Kab.Karo ".

Insya allah forum ini dapat menjadi sebuah alternatif membangun kembali dakwah Islam di kabupaten Karo. Aminn

0 comments:

Posting Komentar